Home » » Tradisi Minum Teh Jepang Yang Unik

Tradisi Minum Teh Jepang Yang Unik

Written By M Mustafa on Senin, 11 Februari 2013 | 09.39

Tradisi Minum Teh Jepang Yang UnikFakta Unik - Tradisi Minum Teh Jepang Yang Unik - Saat ini banyak sekali hal unik dan menarik yang dapat menjadi perhatian seseorang. Bahkan sampai acara minum teh pun di perhatikan. Seperti acara minum teh di jepang yang memiliki tradisi dan keunikan tersendiri. Berikut sedikit keterangan unik tentang Tradisi Minum Teh Jepang Yang Unik
  1. Tradisi ini adalah tradisi turun temurun dari nenek moyang yang ahli teh di Jepang. Namanya Murata Juko. Menurutnya, tradisi ini merupakan sarana pertukaran pengalaman spiritual antara tuan rumah dan si tamu itu sendiri.
  2. Biasanya, tuan rumah hanya akan mengundang orang yang tahu tata cara minum teh.
  3. Persiapan minum teh ini memakan waktu sekitar 3-6 bulan. Dalam jangka waktu itu, diharapkan tamu yang akan diundang dapat mempersiapkan diri. Baik dalam hal pakaian yang akan digunakan dalam upacara maupun dalam segi belajar tata cara minum teh.
  4. Saat jamuan minum teh tiba, para tamu harus memberi hormat pada lukisan dan bunga yang disiapkan tuan rumah di ruangan tatami. Maksudnya adalah untuk menghormati alam dan menjunjung tinggi nilai seni.
  5. Cara menyatakan bahwa teh yang dibuat enak adalah dengan menyedot minuman di tetesan terakhir dengan kencang.
  6. Teh yang biasa digunakan adalah teh bubuk matcha (teh hijau yang digiling halus). Upacara yang menggunakan matcha disebut matchadō, sedangkan bila menggunakan teh hijau jenis sencha disebut senchadō.
  7. Upacara miunm teh juga bisa diadakan di luar ruangan dan biasa disebut nodate.
  8. Orang yang menyiapkan teh untuk upacara minum teh tidak sembarangan, melainkan orang-orang yang memang belajar seni upacara minum teh.
  9. Pemakaian cangkir adalah salah satu hal yang diperhatikan. Alasannya adalah mereka menganggap cangkir dapat menggambarkan karakteristik dan cara berpikir si tuan rumah.
  10. Cangkir juga harus memperhatikan karakter tamu. Para Tea Master biasanya memberikan cangkir simple pada para pria dan cangkir bergambar bunga pada wanita.
  11. Chahitsu  adalah ruangan khusus untuk minum teh. Ruangan ini tidak terlalu besar, bersih, dan pada satu sisi ruang terdapat ceruk (tokonoma) yang dihias dengan lukisan dinding atau kaligrafi yang disebut kakejiku, lalu dilengkapi dengan rangkaian bunga semusim (chabana) dan harum-haruman. Sementara itu di satu sudut ruangan, segala peralatan untuk minum teh juga tertata rapi, mulai dari perapian untuk merebus air (tungku), guci, bubuk teh dan sendoknya, pengocok, dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar


recommend us on google!
advanced web statistics

Popular Posts

Arsip Blog

 
Support : About Us | Contact Us | Tukar Link | Pasang Iklan | Privacy Policy | T O S | SiteMap
Copyright © 2013. Fakta Unik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger