Home » » 6 Fakta Unik tentang Joko Widodo (Jokowi)

6 Fakta Unik tentang Joko Widodo (Jokowi)

Written By M Mustafa on Senin, 11 Februari 2013 | 19.19

6 Fakta Unik tentang Joko Widodo (Jokowi)
Fakta Unik : 6 Fakta Unik tentang Joko Widodo (Jokowi) - Kemenangan Jokowi cukup menarik untuk dicermati. Sebab, selama ini dia selalu menampilkan sosok ndeso dan sederhana kepada warga Jakarta.

Selain itu, masih banyak hal menarik yang dimiliki Wali Kota Surakarta itu. Soal pacaran, soal makanan favorit, soal mobil, begitu juga soal cincin kawin. Berikut lima fakta menarik Jokowi.

1. Gudeg
Pria dengan nama lengkap Joko Widodo ini biasa memesankan menu gudeg untuk para tamu yang menemuinya. Gudeg itu biasa dipesannya dari sebuah warung makan milik Lies Rosmiyati (perempuan asli Solo).

Di warung itu, harga satu porsi gudeg paling mahal Rp 70 ribu dan paling murah Rp 9 ribu. Warung makan itu berdiri empat tahun setelah pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

2. Tiga mobil
Nama Jokowi menjadi sorotan di Tanah Air saat ia mendukung keberhasilan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo dalam merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi bahkan menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya dengan nomor polisi AD 1 A.

Namun, selain memiliki mobil Esemka, Jokowi juga memiliki dua unit mobil pribadi, yakni Mercedes Benz berwarna merah tahun 1995 dan Grand Livina hitam.

3. Cincin kawin Rp 24 Ribu
Setahun setelah lulus kuliah, Jokowi dan Iriana berjanji sehidup semati di depan penghulu tepat sehari menjelang perayaan Natal 1986. Saat itu Jokowi memberikan cincin kawin seharga Rp 24 ribu.

"Iya cincin ini," kata Jokowi seraya menunjukkan cincin emas di jari manis kirinya.

Pasangan ini memiliki resep jitu untuk menghindari cekcok berakhir ke perceraian. Menurut Jokowi, pasangan suami-istri harus saling mengerti, memahami, dan komunikatif.

4. Empat tahun Pacaran
Jokowi dan Iriana pertama kali bertemu saat Jokowi masih duduk di semester tiga Jurusan Teknologi Kayu, Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada. Sementara, saat itu Iriana masih duduk di kelas tiga SMA.

Keduanya berkenalan lantaran Iriana teman adik Jokowi. Keduanya menikah setelah empat tahun berpacaran.

Keduanya merupakan pasangan suami istri yang harmonis. Salah satu contoh keharmonisannya adalah saat keduanya kerap berseloroh dan saling lempar guyonan.

Jika Jokowi tertawa lepas, Iriana meledek, "Bapakmu lagi kumat."

5. Tidur dini hari demi warga
Sejak masih menjadi lajang, Jokowi sudah terbiasa begadang. Karenanya, jarang tidur sudah menjadi hal biasa bagi pria berusia 51 tahun ini.

Kebiasaan itu terus berlanjut selama tujuh tahun dia menjabat sebagai wali kota Solo. Jokowi rela begadang untuk menyelesaikan tugasnya sebagai wali kota.

Dia bahkan tidak jemu menerima telepon walau sudah mengantuk. Dia memiliki prinsip harus selalu siaga menjawab panggilan telepon dari warga atau wartawan, yang dinilai sebagai pengontrol kebijakannya.

6. Setia dengan Samsung SGH-S366
Meski menjadi orang nomor satu di Solo, Jokowi tak mau seperti pejabat lain yang biasa gonta-ganti handphone. Padahal dengan kekayaan sekitar Rp 18 miliar yang dimilikinya, menganti handphone lama dengan yang terbaru adalah hal mudah.

Hingga saat ini, Jokowi masih setia dengan handphone usang miliknya, yakni Samsung SGH-S366.

Demikian artikel tentang 6 Fakta Unik tentang Joko Widodo (Jokowi)
Sumber
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar


recommend us on google!
advanced web statistics

Popular Posts

Arsip Blog

 
Support : About Us | Contact Us | Tukar Link | Pasang Iklan | Privacy Policy | T O S | SiteMap
Copyright © 2013. Fakta Unik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger